Rabu, 02 Juni 2010

PADANG, WASPADA GEMPA BESAR...


Sebenarnya gempa “yang ditunggu-tunggu” ada di sebelah barat Kota Padang. Daerah ini merupakan daerah jalur gempa, atau daerah yang banyak terjadi gempa. Namun dalam 40 tahun terakhir tidak terjadi gempa di daerah ini. Artinya terjadi penumpukan tenaga (stress) di daerah ini yang sekali waktu akan dilepaskan.



Hasil plotting gempa-gempa berkekuatan diatas 3.5 SR tahun 1971-2010 menunjukkan daerah yang “sepi gempa” selama 40 tahun ini.
Konon menurut penelitian ahli gempa. Didaerah ini sudah terkumpul tenaga sebesar 8SR. Berdoa saja supaya dilepaskan dikit-dikit. Atau berupa slow quake. Apa itu Slow Quake ? Tunggu nanti dijelaskan di dongeng selanjutnya.
Gambar diatas memperlihatkan segmen-segmen yang ada di sebelah barat Sumatra. Gempa 30 Sept 2009 lalu hanya berkekuatan 7.4. Sedangkan rata-rata segmen ini berkekuatan diatas 8. Dengan demikian masih ada sisa tenaga (stress) yang belum terlepaskan.
Vigny, C. 2009. The Earthquake of Padang, Sumatra of 30 September 2009: Scientific Information and Update. Geoscience Dept., Ecole Normale Supérieure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar